- Back to Home »
- ANIMASI KOMPUTER
Posted by : Dasar Animasi
Minggu, 07 Juli 2013
Animasi komputer
1.
Pengertian.
Animasi komputer
adalah seni menghasilkan gambar bergerak dengan sendiri melalui penggunaan
komputer dan merupakan sebagian bidang komputer grafik dan animasi. Animasi komputer salah satu bentuk
modern cara pembuatan dan pengembangan animasi dengan teknik stop motion dalam
animasi tradisional. Animasi komputer atau animasi CGI(Computer generated
Imagery) ini sendiri merupakan sebuah proses yang digunakan untuk menghasilkan
sebuah gambar atau animasi itu sendiri dengan menggunakan komputer grafis.
Dengan menggunakan Animasi CGI kita dapat membuat suatu animasi dengan adegan
yang statis dan dinamis, sedangkan animasi komputer hanya mengacu pada sebuah
gambar yang bergerak.
Animasi
tradisional pada dasarnya merupakan penerus digital dengan teknik stop motion
yang digunakan dalam animasi tradisional. Animasi ini menggunakan model 3D dan
frame by frame animasi ilustrasi 2D. Dengan menggunakan metode ini , animasi
yang dihasilkan lebih terkendali daripada menggunakan proses manual, contohnya
seperti saat kita ingin membaangun sebuah miniatures dengan memberikan efek
keramaian tempat tersebut.
2. Sejarah
dan Perkembangan
Animasi
komputer awal digital dikembangkan di Bell Telephone Laboratories pada tahun
1960 oleh Edward E. Zajac, Frank W. Sinden, Kenneth C. Knowlton, dan A. Michael
Noll. Animasi digital lainnya juga dipraktekkan di Lawrence Livermore National
Laboratory. Komputer animasi awalnya, digunakan untuk tujuan penelitian ilmiah, teknik
dan lainnya, tetapi eksperimentasi artistik mulai terjadi pada pertengahan
1960-an.
Pada pertengahan 1970-an, cara ini mulai masuk ke
media publik. Banyak komputer grafis saat ini melibatkan penggambaran
2-dimensi, meskipun semakin banyak, seiring daya komputer meningkat, upaya
untuk mencapai 3-dimensi realisme menjadi penekanan untuk perkembangan animasi
komputer. Pada akhir 1980-an, foto-realistis 3-D mulai muncul di film bioskop, dan
pada pertengahan 1990-an telah dikembangkan ke titik di mana 3-D animasi dapat digunakan
untuk produksi film keseluruhan.
Saat
ini Animasi komputer modern biasanya menggunakan komputer grafis 3D, walaupun
grafik komputer 2D masih digunakan, hal ini dikarenakan dengan menggunakan
komputer 2D bisa membuat gaya, bandwidth lebih rendah, dan lebih cepat
real-time rendering. Dengan menggunakan animasi komputer itulah seniman mulai
menggunakan mesin permainan untuk membuat film non-interaktif, yang mengarah ke
Machinima berbentuk seni.
Fitur-panjang
komputer pertama film animasi adalahn film Toy Story oleh Pixar tahun 1995 .
Animasi ini mengikuti petualangan mainan dan pemiliknya. Film terobosan ini
adalah yang pertama dari banyak film penuh animasi komputer.Selain itu dengan
Animasi komputer diciptakanlah film blockbuster seperti Toy Story 3 (2010),
Avatar (2009), Shrek 2 (2004), dan Cars 2 (2011).
3. Cara Kerja animasi komputer dan perkembangan
teknologi.
Proses pembuatan animasi awalnya melibatkan penggunaan
gambar tangan (manual), Dengan ditemukannya komputer maka beban yang dikerjakan
oleh para animatorpun sedikit terkurangi. Sebagai teknologi canggih dengan
adanya komputer lebih mempermudah pembuatan animasi,dan konsep tiga dimensi
(3D) animasi pun menjadi mungkin. Melalui perangkat lunak dan pengembangan
perangkat keras, komputer dapat menciptakan ruang 3D virtual untuk proses
animasi. Hal ini juga membuat lebih mudah untuk mengedit urutan animasi karena
lebih mudah untuk mengubah informasi digital. Namun, kita juga harus ingat
bahwa sudut pandang yang diberikan pada animasi 3D akan menjadi sama dengan
animasi 2D. Kedua jenis animasi yang ditampilkan pada permukaan 2D, merupakan layar. Satu-satunya perbedaan
adalah seniman memiliki kontrol lebih besar atas animasi 3D dibandingkan
animasi 2D. Dalam animasi 2D, jika sudut pandang perlu diaktifkan, seniman
harus kembali menggambar gambar dalam sudut yang berbeda. Namun, dalam animasi
3D, semuanya adalah model 3D dalam dunia virtual 3D. Itu berarti para seniman
hanya perlu mengganti tampilan kamera dengan menggunakan bantuan software.
Dengan demikian, itu membuat animasi 3D lebih mudah untuk memproses dan
terlihat lebih realistis.
Animasi grafis tidak hanya berhenti di film dan gambar
gambar bergerak, tetapi juga maju ke bidang yang berbeda dengan bantuan
teknologi baru. Komputer dapat membuat foto realistis tanpa bantuan kamera dan
akhirnya membuat footages animasi yang tampak seperti mereka tangkap oleh
kamera video. Perangkat video capture
menjadi lebih canggih dan kuat. Film dapat direkam dengan resolusi sangat
tinggi, dan proses transfer kepada konsumen menjadi lebih mudah. Namun
demikian, peran teknologi memainkan bagian yang sangat besar dalam animasi,
karena teknologi mempengaruhi perkembangan hardware dan software baru untuk
proses pembuatan animasi. Bukan hanya itu, kemajuan perangkat capture seperti
kamera video juga dapat menghasilkan film dengan resolusi yang lebih tinggi,
sehingga membuat Computer Graphic Pencitraan (CGI) sangat fokus.
Sekitar beberapa ratus tahun yang lalu di mana tidak
ada mikroprosesor, proses pembuatan animasi lambat dan kualitas tidak
benar-benar baik. Namun, sebagai teknologi baru yang ditemukan seperti
komputer, proses render film menjadi lebih mudah setiap hari. Namun, karena
teknologi baru memungkinkan gambar untuk memiliki resolusi sangat tinggi, daya
perangkat keras pengolahan juga menjadi tantangan. Dengan "tenaga
kuda" adanya komputer CPU (Central Processing Unit) dan GPU (Graphic
Processing Unit), waktu render untuk gambar selama 20 tahun terakhir
hanyamenghabiskan beberapa detik untuk menyelesaikannya. Namun, karena resolusi
tinggi, proses render akan memakan waktu lebih lama. Misalnya, film
"Transformers", sebuah film tentang robot alien yang mencoba untuk
menyerang bumi. Satu detik dari film biasanya memiliki 24 frame, dan kita dapat
melihat lama waktu yang diperlukan untuk membuat rekaman CGI yang mengagumkan
dengan teknologi terbaru yang tersedia.
Perkembangan teknologi tidak akan pernah berhenti dan dengan demikian animasi juga akan berkembang. Jika kita lihat kembali pada teknologi lama, kita harus kagum dengan kreativitas tersebut. Jika gambar menjiwai dapat dibuat dari teknologi kuno tersebut, bisa dipastikan akan ada lagi prestasi yang luar biasa di masa depan dengan penemuan canggih. Mungkin di masa depan, animasi 3D tidak akan terbatas pada layar 2D, tetapi kita akan melihat animasi 3D pada lingkungan nyata 3D .
Perkembangan teknologi tidak akan pernah berhenti dan dengan demikian animasi juga akan berkembang. Jika kita lihat kembali pada teknologi lama, kita harus kagum dengan kreativitas tersebut. Jika gambar menjiwai dapat dibuat dari teknologi kuno tersebut, bisa dipastikan akan ada lagi prestasi yang luar biasa di masa depan dengan penemuan canggih. Mungkin di masa depan, animasi 3D tidak akan terbatas pada layar 2D, tetapi kita akan melihat animasi 3D pada lingkungan nyata 3D .
4. Tipe dan Jenis animasi komputer
TIPE
ANIMASI KOMPUTER
a.
Animasi 2 Dimensi
Animasi 2 Dimensi adalah animasi
yang paling sering kita jumpai, animasi ini biasa disebut dengan kartun.
Animasi ini berbasis pada konsep gambar 2 dimensi.Contoh-contoh dari animasi
ini adalah Doraemon,Shin Chan dan lain lain.
b. Animasi 3 Dimensi
Animasi 3 Dimensi merupakan
perkembangan dari animasi 2 dimensi. Dengan berdasarkan pada konsep gambar 3
dimensi sehingga menghasilkan animasi yang lebih realistis, detail dan nyata
karena hampir menyerupai bentuk aslinya. Contoh dari animasi 3 Dimensi sendiri
adalah Toys Story 3,Ants Finding Nemo dan lain-lain.
JENIS ANIMASI KOMPUTER
· Komputer
Assist
Beberapa contoh pertama dari animasi
komputer komersial secara tradisional menggunakan bantuan komputer. Hal ini
bisa dalam bentuk komputer yang
memproduksi " perantara" atau gambar yang menghubungkan dua inputan
yang sama oleh seniman (sehingga memungkinkan seniman untuk menggambar karakter
lebih sedikit). Komputer animasi pembantu
pertama kali digunakan dalam sebuah film animasi di "The Mouse Detective
Besar" Disney pada tahun 1986. Sebuah adegan dalam film berlangsung
didalam jam, dan roda gigi mekanik kompleks benar-benar diberikan dalam
komputer sebagai kawat-frame grafis sebelum dipindahkan ke sel, di mana mereka
bersatu dengan unsur-unsur lain dari TKP. Teknik yang sama digunakan oleh
Disney dalam film kemudian seperti "Beauty and the Beast" (1991),
"Pocahontas" (1995) dan "Tarzan" (1999) .
· Gerak
Kontrol dan Script
Animasi komputer yang paling
modern menggunakan sistem kendali gerak yang digunakan oleh animator untuk memanipulasi pembuatan sebuah objek, dan
kemudian memindahkan obyek telah yang melalui serangkaian pose. Metode ini menghasilkan gerakan yang akan menghasilkan
gambar gerakan akhir. Animasi gerak kontrol pertama dilakukan dengan sistem
scripting seperti ASAS (Aktor Script Sistem Animasi). Dalam skenario ini,
animator adalah seorang programmer komputer yang menulis kode dalam bahasa
komputer untuk menghasilkan sebuah objek dan memberikan gerakan obyek itu.
Sebagai animasi komputer berkembang, sistem yang lebih interaktif dikembangkan
untuk memungkinkan animator untuk berinteraksi dengan gambar dan benda-benda
melalui antarmuka yang lebih abstrak. Kode sekarang ditulis secara otomatis,
berdasarkan masukan yang animator membuat menggunakan antarmuka visual dan
memanipulasi subjek dengan mouse, keyboard atau perangkat input lainnya.
· CGI
Compositing
Animasi komputer juga
digunakan di tempat teknik yang lebih tua dari film animasi. Sejak adanya bioskop, unsur-unsur animasi telah
ditambahkan kedalam gambar difoto. Unsur-unsur lain, seperti model atau latar
belakang dicat, juga digunakan dan harus susah payah dipasangkan dengan rekaman
live-action. Ini melibatkan proses optik panjang di mana berbagai elemen yang
kembali difoto beberapa kali agar dapat composited bersama menjadi satu gambar.
Karena kompleksitas proses, efek khusus yang mahal dan jarang digunakan dalam
jumlah besar oleh semua tapi film yang paling tinggi dibiayai. Komputer citra
yang dihasilkan mengubah semua itu, yang memungkinkan pembuat film untuk
menggunakan layar biru atau hijau untuk memilih bagian dari film yang nantinya
dapat dengan mudah dihilangkan dengan komputer dan diganti dengan gambar dari
sumber lain, baik foto atau sepotong adegan animasi. Komputer compositing
animasi bahkan berfungsi di banyak konsumen tingkat program video editing.
· Motion
Capture
Motion capture adalah jenis animasi
komputer yang telah memperoleh banyak minat dalam beberapa tahun terakhir.
Motion capture ini bergantung pada sensor kecil yang ditempatkan pada karakter
di berbagai titik di sekitar tubuh mereka. Para aktor melakukan dan gerakan
mereka ditangkap oleh kamera yang dapat menemukan sensor dan melacak gerakan
mereka. Gerakan ini kemudian dapat ditransfer ke komputer-tokoh yang dirancang
akan bergerak dengan cara yang persis sama seperti aktor lakukan. Motion
capture sangat signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara metode tradisional pembuatan film dan teknologi
baru. Beberapa contoh dari motion capture termasuk, Gollum di film "Lord
of the Rings",
·
Animasi Flash
Salah
satu jenis akhir animasi komputer adalah Flash animasi. Animasi Flash merupakan
salah satu nama untuk program Flash dari Adobe yang telah mereka produksi,
meskipun saat ini ada program lain yang juga memungkinkan animator untuk
menciptakan "flash" animasi. Walaupun keterbatasan dalam hal gerakan
dan gaya, namun Flash lebih murah untuk memproduksi ,karena itu sekarang flash
semakin meningkat popularitasnya. Animasi Flash sering digunakan dalam iklan
dan umum sebagai konten video di situs Web.
5. Kegunaan
Animasi Komputer
Kegunaan dari animasi komputer pada
era ini sangat banyak. Animasi komputer mendukung dalam perkembangan banyak
industri, tidak menentu hanya pada bidang program komputer atau siaran televisi
saja tetapi pada hampir seluruh bidang sepertipengaplikasian pada bidang
pendidikan, rekayasa, produksi film, simulasi penerbangan, forensik, medis,
militer, visual bercorak ilmiah, simulasi, penjelajahan ruang angkasa , dan produksi
video. Setelah kesesuaian diadaptasikan ke dalam berbagai bidang, maka tidak
mustahil peggunaannya akan diperluas lagi dalam bidang-bidang yang baru.
Dibidang pertelevisianlah animasi
komputer paling banyak digunakan. Animasi komputer dibuat untuk periklanan
dalam televisi, atau sebagai acara animasi sehari-hari. Namun dibidang
pendidikan, penggunaan animasi komputer juga tidak kalah digunakan, animasi
komputer digunakan untuk perkembangan dalam pendidikan dengan menggunakan
metode audio visual, selain itu dengan menggunakan animasi komputer yang banyak
diminati anak-anak ini, membuat proses belajar jauh lebih menarik dan lebih
mudah dipahami.
keren bmgeet
BalasHapushttp://cbs-bogor.net/